Skip to content

Self Transform

May 14, 2011

Assalammualaykum brother and sister..

Ada suatu masa dan peristiwa yang menyebabkan seseorang bisa berubah. Terkadang suatu masa dan peristiwa itu menyebabkan transformasi/ perubahan bagi diri seseorang. Tingkat perubahan itu masing-masing individu pastinya akan berbeda-beda. Ada yang merasakan perubahannya secara drastis ada juga yang mengalami perubahan secara perlahan-lahan. Apapun bentuk perubahan itu yang terpenting terjadinya arah perbaikan menuju pribadi yang jauh lebih baik, lebih berguna, lebih bermanfaat bagi dirinya sendiri dan juga orang lain.

Seperti film fiksi holywood mengenai transformasi suatu mesin otomotif yang berubah menjadi suatu robot berkekuatan super melalui ceritanya Transformer. Emang ada hubungannya yah antara film Transformer dengan transformasi diri seseorang? Sebuah truk trailer bisa menjadi robot super Optimus Prime! Kalau menurut saya sih setiap orang pasti akan ada perubahan dalam dirinya yang disebut dengan self transform. Hanya saja kapan waktu dan tempatnya yang berbeda-beda ada yang saat masih muda ada juga malah yang udah kakek-nenek baru nyadar kekeliruan masa lalunya dan baru mulai berubah (kemana aja nih orang yg beginian yah :P)

Dalam blog saya kali ini, saya hanya menarasikan suatu kejadian waktu dan peristiwa serta hal-hal yang membuat transformasi/perubahan yang terjadi pada diri saya sendiri. Selain itu saya akan sedikit memberikan beberapa tokoh yang pada akhirnya “bertanggung jawab” membuat saya berada di posisi seperti ini🙂

Pengalaman adalah guru yang paling berharga

Idiom ini bukanlah hanya suatu kata bijak yang dari jaman kecil telah diajarkan oleh guru di Sekolah ataupun oleh orang tua. Semenjak kecil kita pasti hanya mengingatnya saja tanpa tahu makna apa yang terkandung sebenarnya didalam kata bijak tersebut, karena wajar saja anak kecil belum mendapatkan pengertian sebenarnya arti dari pengalaman.

Dalam perjalanan hidup pengalaman merupakan suatu tolok ukur seseorang. Keberhasilan, kesuksesan, kemandirian, kedewasaan, dll selalu ditolok ukurkan berdasarkan pengalaman yang dirasakan pada masa lalu. Bagi saya pribadi semua yang telah saya lalui merupakan pengalaman yang sangat berharga dan tidak perlu untuk disesali dan lebih baik dijadikan cermin sebagai pemicu jalan ke depan yang lebih baik lagi. Tapi dari setiap pengalaman kita yang telah dilalui pastinya terdapat satu pengalaman yang paling nggak terlupakan! Betul?? Yess!! Bagi saya pengalaman saya bekerja dan menetap selama 2 tahun di Qatar yang lalu adalah the most unforgettable moment in my life!

Setiap detail pengalaman yang saya lalui sudah saya tulis di blog post saya sebelumnya. Secara garis besar pengalaman bekerja di luar negeri, jauh dari keluarga, nge-kost, punya teman-teman baru dari latar belakang yang berbeda, berkunjung ke baitullah, safari sand dune ala timur tengah, dll itu menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Tapi dari pengalaman hidup yang saya alami didalam perjalanannya saya menemukan “tokoh-tokoh inspiratif” yang membimbing saya sampai ke arah sini yang memperkenalkan saya lebih dalam ke ajaran Islam.

Sebelum mengenal tokoh-tokoh ini emang saya ga terlalu dekat dengan Allah SWT dan Islam, ga bisa dibilang jauh juga sih karena alhamdulillah saya berasal dari keluarga yang sangat kuat kehidupan agamanya tapi yang saya jalani hanya ibadah ala kadarnya tanpa mengenal root dari ajaran agama Islam itu sendiri. Sampai akhirnya tokoh-tokoh inilah yang membuat saya melihat lebih dalam terhadap Islam. Tanpa mengesampingkan peran utama dari Nabi besar Muhammad SAW, nabi dan rasul, serta para sahabat-sahabatnya, tokoh yang saya tonjolkan dibawah ini hanyalah tokoh modern saat ini yang menyebarkan sha’ri menurut caranya masing-masing.

The Reminder

1. Sheikh Mishary Rasheed Al Afasy

Orang pertama yang menjadi pengingat saya dalam perubahan saya adalah Sheikh Mishary Rashid Al-Afasy. Beliau adalah Imam Besar Grand Mosque of Kuwait City. Masih muda, seorang Imam Besar Masjid, Qari, Nasheed, dll. Awal mengetahui beliau melalui youtube tanpa sengaja dan pertama kali mendengar bacaan qur’an beliau yang tartil, merdu dan sangat menyentuh.

2. Dr. Bilal Phillips & Dr. Zakir Naik

Kedua Islamic scholars ini saya mengetahuinya saat berada di Qatar. Dr. Bilal Phillips seorang Mualaf yang berasal dari Jamaika, kemudian menuntut ilmu agama Islam di University Medina dan University of King Saud. Sedangkan Dr. Zakir Naik adalah seorang pendiri dan Presiden Peace TV, sebuah Islamic channel yang menyiarkan acaranya 24 jam ke seluruh dunia. Cara penyampaian dakwah mereka yang menurut saya sangat komprehensif memudahkan untuk dijadikan referensi saya secara pribadi dalam mencari jawaban atas keingintahuan dalam memperdalam agama Islam.

3. Noreagaa & Archenahr (Wake up Project)

Siapa sih Noreagaa dan Archenahr itu? Dari namanya aja udah susah banget yah ini orang pada dari nama😀. Biografi kedua orang ini belum pernah saya dapatkan secara utuh, informasi yang saya ketahui tentang mereka sebatas mereka adalah tandem “truth seeker” pembuat film dokumentasi yang fenomenal “The Arrival” dan disusul dengan film-film dokumentasi lainnya Phase 3, dan The Divine Book. The Arrival menjadi fenomenal dikarenakan film ini berisikan mengenai suatu dokumentasi tentang kedatangan Dajjal ke dunia melalui observasi, analisa serta dukungan petunjuk dari Al-Qur’an dan Hadist.

4.  Maher Zain

Kalau penyanyi ini pasti udah mulai banyak yang mengenalnya. Yup!! Maher Zain, penyanyi beraliran Nasheed berasal dari Swedia keturunan Libanon ini sudah mengeluarkan album debutnyayang berjudul “Thank you Allah”. Pertama kali tahu sekitar pertengahan tahun 2009 dan cukup unik juga karena nasheed yang dibawakannya sangat berbeda dengan jenis musik nasheed yang biasa kita didengar. Bagi saya pribadi pendekatan musik seperti ini sangat cocok untuk syiar/ pengenalan agama bagi para pendengarnya khususnya bagi anak-anak muda yang menyukai musik dan bisa lebih mudah menerima isi nasheed melalui cara ini.

Bagi saya pribadi keempat tokoh yang saya sebutkan itu mempunya peran yang cukup signifikan didalam proses perubahan diri saya. Tambahan lagi kemudahan akses informasi melalui internet membuat kita jauh lebih mudah mendapatkan informasi yang kita perlukan.

Bagaimana dengan kalian semua, apakah tokoh-tokoh yang menginspirasi kehidupan kalian sama dengan yang saya alami?. Pada akhirnya semuanya kembali kepada diri kita masing-masing. Masalah tokoh hanyalah suatu medium pengingat bagi kita untuk selalu dekat kepada agama dan Allah SWT. Tidak akan menjadi perubahan yang positif jika tanpa diikuti dengan adanya peningkatan kualitas Ibadah dan pendekatan kita kepada Allah SWT. Termasuk juga gaya hidup kita sehari-hari yang bisa mengakibatkan kita lebih dekat ke duniawi daripada kepada Allah SWT. (Naudzubillah hi mindzalik)

Semoga kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang selalu diridhai oleh Allah SWT.

Amin Yaa Robbal A’lamin.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: