Skip to content

New destination

June 1, 2011

Assalammualaykum,

01/06/2011 – 23:11 Jakarta LT,

Sebenarnya jam segini udah waktunya untuk memejamkan mata dan beristirahat, tapi berhubung besok hari libur ya iseng aja deh untuk ngisi blog gw ini yang udah lama gak dijadiin tempat curhat pribadi.

Hari ini cukup special buat gw. Hari ini hari pertama gw mulai bekerja lagi di Indonesia setelah vakum sangaaaatt lama 9 bulan jobless dan momen yang lain adalah hari ini juga pertama kalinya gw merasakan menjadi anak kost!!😛

Perusahaan gw yang baru ini namanya PT CKB (Cipta Krida Bahari) Logistics. Sebagai bagian dari stakeholder share Trakindo group dan berlokasi di Cilandak KKO. Gaung namanya memang kurang familiar di telinga publik, apalagi yang gak tau trend logistic business. Tapi nama Trakindo itu sendiri sepertinya udah cukup awam karena perusahaan ini terkenal sebagai distributor utama alat-alat berat Caterpillar yang digunakan dalam industri pertambangan di Indonesia. Lini bisnisnya berfokus di usaha energy logistic provider, jadi sebagai logistic provider bagi usaha mining, oil and gas serta power plant.

Awal cerita dimulai dari perpindahan saya masuk ke rumah kost ini semalam (31/05/2011). Bawa beberapa koper dan peralatan sehari-hari, beres2in kamar serta sempat chit-chat  sebentar dengan beberapa anak kost. Jarak rumah kost dengan kantor hanya sekitar 70 meter berjalan kaki. Malam itu momen yang baru buat gw, hampir semaleman gw gak bisa tidur karena kamar ini memang gak ada ACnya. Maklum biasa emang tidur selalu pake AC dan ketika harus tidur tanpa AC terasa sekali AC itu sangat penting menjaga kenyenyakan tidur kita loh… hehe (nyetil bahasanya nih:P)

Ya udah akhirnya tidur ayam aja a.k.a gak nyenyak babar blassss. Baru bisa tidur mungkin sekitar jam 2an dan jam 4 pagi pun gw udah bangun. Ada hikmahnya juga sih, gw bisa shalat tahajud dan shalat subuh tepat waktu. Karena malemnya itu gak sempet makan jadi pas pagi itu perut kuluyukan luar biasa. Untungnya ada malaikat eh tukang bubur lewat, pas banget pikir gw. Langsung pesen deh buat sarapan pagi. Sambil nunggu waktu gw pun kembali ke habit lama yaitu main internetan sambil bersiap berangkat ke kantor.

Sampai kantor jam 8 pagi kurang, karena gak punya ID akhirnya pake visitor card. Sesampainya di kantor akhirnya gw ketemu HRD Staffnya untuk finalisasi dokumen dan setelah itu ketemu dengan boss/ manager baru sambil briefing pagi dari dia. Dan setelah itu momen yang paling berkesan pun datang. Yes, office tour!! Keliling sambil kenalan sama orang sekantor!! Kepikiran dong ada 100an orang dan gw bersikap kaya gini. “Hi, selamat pagi saya Yudho/ Hi, Yudho saya xxx welcome yah/ Ok, makasih”. Diulang-ulang terus tiap ketemu orang…. hehehe

Setelah itu gw ditunjukkin meja gw, dan saat itu pun baru nyadar kalo visitor card gw ilang!! Dan HRDnya bilang, klo visitor card ilang harus ganti 100 ribu!! Wah gile nih, blm digaji masa udah nombok ga jelas gini. Hehehe… Tapi gw udah ikhlas aja deh kan emang itu keteledoran gw juga sih, lupa tuh kartu nyasar kemana. Tapi, alhamdulillah ternyata visitor card gw ketemu, cuma ketinggalan di ruang meeting pas lagi signed documents sama HRD pas awal dateng. Ga jadi nombok deh😀

Dan hari pertamapun dilingkupin dengan kebengongan karena ga ada kerjaan dan my work station hasn’t ready yet!! Gak ada PC, Telephone, dll di meja gw yg masih kinclong-clong banget. Yah berhubung udah bertekad baja ya akhirnya sok2an tanya aja deh ke team gw sambil liatin kerjaan mereka yang sumpee deh gw blum nyambung sama sekali.

A bit flattered ternyata gw direbutin oleh 2 key acct manager, yang satu utk mining dan satu lagi oil and gas division. Kalo boleh milih sih pingin yang di Oil and Gas division aja karena udah ada background experience untuk itu tapi, berhubung yang request gw awal kalinya itu user utk mining ya udah dijalanin aja dulu. Dan gw pun udah bilang ama manager gw itu kalo gw mau OJT di Oil and Gas division dan kalo mungkin ke depannya gw mw handle untuk Oil and Gas project aja.

Hari pertama bekerja di kantor barupun ditutup dengan beberapa files yang gw bawa pulang dan harus gw pelajarin. Prinsip hidup gw itu jangan menyerah dengan keadaan apalagi hanya pekerjaan. Apapun permasalahan yang kita hadapin di dunia ini hadapilah dengan santai tanpa harus dibuat menjadi permasalahan besar.

“Hidup ini hanyalah selintas saja, seperti seorang yang berjalan kemudian berteduh di bawah pohon rindang kemudian berjalan lagi” (HR. Bukhari)

Berjalan melanjutkan kehidupan yang kekal, kehidupan di dunia bagi kita mungkin hanya 100 tahun bahkan sangat sedikit sekali yang hidup mencapai 100 tahun, sebagian hanya sampai 70 atau 80 tahun, umur semakin pendek dan semakin dekat dengan hari kiamat. Dan setiap detik adalah roda waktu yang berjalan menuju kematian, dan setiap detik itu ada hamba-hamba yang dimuliakan oleh Allah menuju puncak-puncak keluhuran.

Sepertinya sepenggal curhat gw di hari pertama kerja ini harus ditutup sampai sini saja karena jam juga udah hampir mitnet nih. Insha allah ada blog post menyusul kemudian mengenai pengalaman baru yang gw alamin.

01/06/2011 – 23:55

Wassalammualaykum

9 Comments leave one →
  1. emil permalink
    June 3, 2011 4:29 pm

    referensiin gueeeeeeee!!!……gue udah bosan di merstaaaaarrrr……
    toloooooonnggggg

  2. yudhobaskoro permalink*
    June 3, 2011 4:36 pm

    Doain gw dpt yang baru nih dlm waktu deket ini yeehhh. Gw oper nih kerjaan gw ama lu! Ini kerjaan gw sekarang logistic bgttt, elu bgt tong!!!

  3. dony permalink
    July 15, 2011 6:41 am

    Gan kemarin lo testnya apa aja? Untuk karir di CKB bagus ga gan? Mohon infonya

  4. yudhobaskoro permalink*
    July 22, 2011 8:31 pm

    Interview, Psikotest, Medical test. Cukup bagus karir ke depannya gan!! Bakalan jadi leader di industri logistic ke depannya.

  5. novi permalink
    January 17, 2012 11:54 am

    mas, mau nanya dong. mas nya di ckb ikut program MT nya bukan?
    saya lagi proses itu, tapi gak tau prospek kedepannya gimana untuk MT CKB. terus dalam program MT itu ngapain?
    Tolong penjelasannya ya mas kalo berkenan.
    Terima kasih…

  6. yudhobaskoro permalink*
    January 17, 2012 7:49 pm

    Bukan lewat program MT mbak… Saya di Key Account Managementnya.
    Kalau untuk prospek ke depannya, CKB cukup bagus krn fokus di Energy Logistic.
    Di support dari businessnya Trakindo dan industri oil and gas, mining yang sedang berkembang sangat berprospek cerah CKB ke depannya.
    Program untuk peserta MTnya sendiri itu akan ngikutin classroom, OJT dan training2x klo ga slh lama program 6 bulan yah (CMIIW).
    Kalo benefit utk peserta jelas career path sudah dibentuk sama management jd karir berkembang dlm perusahaan terbuka lebar.

    Semoga sukses

  7. novi permalink
    January 20, 2012 11:34 am

    sori mas mau nanya lagi, *meski masnya kayanya udah gak di ckb lg ya..hehe 🙂
    ODP CKB ini, jalur pendidikannya jelas ga? krn saya ga nemuin blog atau tulisan yg ngebahas yg udah pernah ODP ini. jadi saya gak dapet gambaran, logistik energi tu ntar gimana…
    terus setelah pendidikan ini, akan ditempatin di daerah2 gitu ya? kayanya kalo ngeliat persebaran CKB nya sendiri banyak di kalimantannya ya…
    Saya sudah sampai tahap MCU si, tapi belum ada penjelasan lbh detail ttg ODP ini.
    Makasii..

  8. yudhobaskoro permalink*
    January 23, 2012 7:05 pm

    Iya saya udah gak di CKB lagi mbak. ODP di CKB setau saya sih jelas krn mrk sengaja rekrut usia muda untuk jd successor management level untuk ke depannya. Kalo energy logistic itu ya intinya kegiatan logistic untuk energy industry/ perusahaan2x di bidang energy (oil & gas, mining, power, dll). Misal. Prsh Mining di Kalimantan beli alat berat dari Trakindo Jakarta, nah nanti yang urus pengiriman dari Jakarta ke Kalimantannya ya CKB. Kurang lebih gitu gambaran sekilasnya.
    Kenapa Kalimantan? Karena saat ini Mining Industry lagi booming dan berpusat di Kalimantan. Nah, kalo kebagian lokasi di Balikpapan/ Kalimantan malah bersyukur krn bisa lebih tau kegiatan utama di Mining, syukur2 nanti karirnya juga lebih cepat. Okay semoga membantu ya novi… Good Luck!!

  9. imam permalink
    August 14, 2013 8:11 pm

    Bro , mau nanya nih , senin besok ane ada interview buat posisi ODP di CKB Logistics , yg ane mau tanyain brp sallary nya trs brp tahapan yg harus gue lakuin supaya bisa keterima jadi ODP ?

Leave a Reply

