Skip to content

Y.E.S Power

July 9, 2011

Assalammualaykum brother & sister,

Dalam perjalanan kita mengarungi perjalanan hidup ini terkadang kita dihadapi dengan berbagai macam pilihan yang keputusannya itu akan berefek panjang bagi diri kita dan keluarga ke depannya. Ada tipikal orang yang hanya ingin menerima saja tanpa melakukan screening dalam menentukan keputusan tersebut.

Ya semacam going with the river flow mereka menyebutnya. Tapi bagi gw sendiri hal tersebut sangat beresiko tanpa adanya suatu perencanaan yang matang dari kita sendiri. Ada trik yang bagi gw cukup baik untuk dijadikan suatu pertimbangan dalam pengambilan keputusan ini. Y.E.S Power (Yakin.Energy.Serah Diri)

Yakin

Hal yang paling mendasar yaitu yakin. Kenapa harus yakin? karena yakin/percaya akan suatu hal merupakan bentuk awal pengkonversian mimpi menjadi suatu pencapaian yang kita inginkan. Anak SMU yang sedang menghadapi ujian akhir nasional (UAN) harus yakin bisa lulus dengan nilai yang baik. Kalau dari sebelum ujian sudah pesimis dan merasa bakalan gagal ya percuma aja bawaannya pasti jelek terus dan malah bener kejadian gak lulus nantinya.

Seorang ahli geologi survey ketika melakukan pemetaan adanya suatu minyak bumi di satu kawasan harus yakin bahwa adanya kandungan mineral di daerah tersebut didukung dengan rumus empiris kemudian dilakukan uji coba pengeboran untuk mengetahui hasil pemetaannya. Kalau saja dia hanya pesimis dan merasa, “ah, paling cuman ada sedikit kandungannya buat apa keluar biaya besar percuma saja”. Dan ternyata ketika ada ahli geologi yang yakin dengan pemetaan daerah itu dan melakukan pengeboran benar saja ada giant reserve didalamnya. Nyesel deh si geologis yang pesimistis itu.🙂

Lain cerita lagi ada satu orang yang bersaing untuk mendapatkan pekerjaan di satu perusahaan. Ketika proses seleksi awal dia melihat saingannya ada ribuan sementara yang dibutuhkan hanya puluhan orang saja. Selain itu “saingannya” berasal dari lulusan Perguruan Tinggi bonafit di Indonesia dan juga lulusan dari luar negeri. Kalau baru dari kulitnya aja udah jiper ya mana bisa kuat dalam persaingannya.

Tinggalkanlah apa yang meragukanmu kepada apa yang tidak meragukanmu” (HR. Tirmidzi)

Dari sebuah hadis saja dapat dipetik maknanya bahwa sebuah perkara harus jelas berdasarkan keyakinan dan ketenangan. Tidak ada harganya keraguan dan kebimbangan.

Energy

Energy disini menitikberatkan atas usaha/ effort yang dikonversikan dari keyakinan atas perkara yang telah kita rencanakan sebelumnya. Apa mungkin NASA bisa sampai ke bulan kalau mereka sudah yakin atas rencananya tapi tanpa action untuk mengirimkan Spaceship bisa merealisasikannya. Tentu saja tidak!! Plan is worthless without any actions buddies. Para founding father Indonesia Soekarno dkk jika mereka hanya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia tanpa pernah mendeklarasikan naskah kemerdekaan Indonesia ke seluruh dunia mungkin tanggal kemerdekaan bisa diundur bukan tahun 1945..hehe just kidding.

You’ve got to get to the stage in life where going for it is more important than winning or losing” (Arthur Ashe)

Without some goal and some effort to reach it, no one can live” (Fyodor Dostoyevsky)

Serah Diri

Berserah diri atau bertawakal. Bagaimanapun juga kita semua mempercayai adanya invisible power yang membuat suatu keputusan. We believe in God, a man has thousand of dream and God will show the direction.

Bagi seorang muslim/ muslimah, kita semua yakin bahwa rencana dan usaha yang telah kita lakukan akan diputuskan pada akhirnya oleh Allah SWT.

“Laa hawla wala quwwata Illa billah” (Tidak ada daya dan upaya kecuali dari Allah SWT)

Nah buat brother & sister semua yang sekarang ini sedang dihadapi dengan persiapan ujian masuk sekolah/ kuliah atau yang sedang mencari pekerjaan, mencoba untuk berniaga/ usaha, atau bahkan yang sedang mencari jodohnya (eheemm ah) :p. Mudah2an sedikit tulisan gw ini bisa membantu untuk meningkatkan optimisme kita semua.

Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” (QS 13:11)

Jadi bagi kita yang ingin merubah nasib kita menuju ke arah yang lebih baik semuanya tergantung dari kita sendiri. Dengan Yakin, Energy, dan Serah diri (Y.E.S) Power bisa mengarahkan kita ke arah tujuan yang lebih baik sesuai yang kita inginkan. YES!! Insha Allah…

2 Comments leave one →
  1. emil permalink
    July 9, 2011 4:39 pm

    YES, sebagai teman yang paling keren, gue yakin kalo gue bisa jodohin lo sama pembantu di komplek sebelah…

  2. yudhobaskoro permalink*
    July 9, 2011 4:45 pm

    Syaitonnirrojim lu mil!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: