Skip to content

Berkata jujur itu mudah, mengerti makna kejujuran itu yang sulit

July 25, 2011

Assalammualaykum brother and sister,

Salam hangat dari gw untuk visitor semua. Beberapa hari menjelang bulan Ramadhan datang, rahmat dan berkah menghampiri gw lebih awal. Ya, alhamdulillah gw diterima di Pertamina perusahaan yang memang menjadi incaran hampir semua orang dan sekali lagi alhamdulillah berkat usaha dan doa dari orang tua dan semuanya gw bisa diterima disitu.

Mungkin gw sedikit orang yang “gila” dalam hal kejujuran. Hahaha…. Ada sedikit cerita unik dan lucu yang kalo gw inget-inget sih emang sarap kali gw yah. Ceritanya gini, ketika gw diterima kerja di CKB Logistic tanggal 1 Juni 2011 itu adalah hari pertama gw kembali kerja di Indonesia setelah sempat 2 tahun merantau di Qatar dan hari bersejarah gw sebagai anak kost! hehe

Nah, kerja aja belum masih bengong-bengong di kantor tiba-tiba tanggal 3 Juni 2011 alias selang 2 hari dari tanggal join gw di CKB, ada email masuk dari tim rekrutmen Pertamina yang isinya invitasi untuk medical check up + tes kebugaran untuk tanggal 6 Juni 2011. Saat itu gw sempet bingung antara jujur atau alesan klasik orang-orang yg biasa ikutan test di tempat lain dengan jurus “mendadak sakitnya” itu.

Ndilalah, kok feeling gw bilang gw harus jujur. Dan langsung kirim BBM malam itu dari kostan ke boss. “Mbak, saya hari senin ijin yah?” / “Kenapa?” / “Saya ada test di tempat lain” / “Ok”. Hahaha… Gw rada gila emang keliatannya. Temen2 yg gw ceritainpun bilang kaya gitu. Tanggepan merekapun macem2x. “Lu, sarap ya!”, “Lu parah banget, terlalu polos” dll.

Tapi feeling gw yg bertentangan dgn teman-teman itu mengarah ke pemikiran lain. Saat itu gw hanya berfikir, rejeki sudah ada yg mengatur, dan kejujuran merupakan bekal utama dalam kehidupan. Gw bukan anak baru lulus kuliah dan baru dapet kerjaan yg harus ngendap-endap kalo mau interview di perusahaan lain. Mereka (boss) gw itu sama sebagai seorang karyawan yang digaji perusahaan untuk nafkahin keluarganya. Di sisi lain, gw pgn nguji sejauh mana arti dari kejujuran dan nilai gw didepan mereka.

Satu hari setelah hari test, gw langsung samperin boss dan cerita panjang lebar tentang kondisi gw yang sedang dalam proses rekruitmen di Pertamina. Dan jawabannyapun membuat gw sedikit senyum, bahwa dia tidak pernah menghalangi seseorang untuk mencari rejekinya di mana saja (That was simple and wise answer). Hasil dari test medical pun cukup lama sekitar sebulan. Selama sebulan itu gw ikut program training, induction dari CKB. Gw belajar mengenai industri logistik dan mengenal orang-orang yang ada didalamnya. Sampai situ gw melihat bahwa perusahaan ini memang sedang merakit sebuah “roket” industri logistik untuk melesat jauh ke angkasa. Gw cukup terkesan dengan konsep perusahaan ini, dan pihak manajemenpun helping hands dengan bawahannya.

Dan ketika proses training berlangsung pun, boss sesekali memanggil gw untuk review mengenai observasi gw selama masa training dan induction dan menanyakan gw apa gw sudah tertarik dengan CKB atau masih menunggu di Pertamina. Gw bilang bahwa perusahaan sangat baik untuk ke depannya dengan tim yang supportive, tapi tetep gw jujur bahwa gw harus menunggu hasil akhir dari test di Pertamina. Iapun memahami keinginan gw.

Pada dasarnya gw emang agak susah kali yah kerja atau dikomandani oleh perempuan. Gak berarti diskriminatif, tapi awal gw kerjapun gw punya boss perempuan tapi dia bisa baca karakter gw yang mandiri dan ga bisa diatur, jadi dia lepas gw dgn penuh tanggung jawab. Untuk kali ini gw mengalami hal yang sama, ditambah lagi team gw mayoritas cewek makin lengkaplah kesulitan adaptasi gw. Beberapa hal yg bisa mempermudah proses adaptasi gw mungkin adanya teman-teman kantor “tongkrongan” di lantai bawah… hehehe

Singkat cerita dalam situasi yang mengambang antara hasil test di Pertamina dengan tanggung jawab kerja di CKB, minggu lalu akhirnya terjawab semua kalau gw lulus dan diterima di Pertamina. Syukur dan sujud kehadirat Allah SWT yang menjawab kegundahan hati hambaNya selama ini.

Dan satu kesimpulan lain juga didapatkan, bahwasanya kejujuran itu masih ada dan tinggi harganya walaupun sudah sangat jarang orang yang bisa menghadapi itu. Dan salah satunya boss gw berhasil menjaga nilai dari sebuah kejujuran gw. Beliau berhasil menjaga kejujuran yang telah gw lakukan dengan tetap mempertahankan gw didalam perusahaan sampai hasil apapun dari Pertamina itu keluar. Dia sebenarnya dengan sangat mudah dapat mengusir gw dari CKB karena faktor loyalitas kerja gw yang sangat dipertanyakan. Akan tetapi, ia berhasil menjaga semua itu sampai hasil akhir ini keluar walaupun ia harus kehilangan salah satu karyawannya dari perusahaan.

Salut dan salam gw buat boss dan teman-teman semua yang mengerti dengan tulus apa itu makna sebuah kejujuran.

Wassalammualaykum

3 Comments leave one →
  1. Vionna permalink
    August 12, 2011 3:58 pm

    Salam kenal Mas Yudho..

    Saya mau tanya, proses seleksi atau tahapan tes yg mas lalui untuk dapat diterima kerja di pertamina itu apa saja ya..? Apakah masih diadakan tes bahasa inggris secara online? Saya butuh info tersebut kalau bisa secepatnya..

    terima kasih banyak🙂

  2. yudhobaskoro permalink*
    August 12, 2011 4:37 pm

    Hi Vionna,

    Kalau kemarin gw ga ada english test onlinenya (Pertamina Persero). Mungkin aja Pertamina yg lainnya (EP, PGE, dll) ada english online test yah.
    Tahapan test —> Psikotest, Interview User + HRD, Medical Check up, Final Interview w/ Top Management.
    Mudah2an bermanfaat yah, semoga berhasil

  3. November 9, 2012 3:52 pm

    Pak Baskoro,

    Waktu menunggu proses Inreview User & Hrd ke proses selanjutnya itu berapa lama ya dan jika di total anda menunggu hingga joint ke Pertamina itu berapa lama?

    masih H2C untuk tunggu penggilan selanjutnya…. “mudah2an rejeki” aminn

Leave a Reply

