Skip to content

Military Course Part I

October 18, 2011

Assalammualaykum Wr. Wb

Dear Brother and Sister,

Lanjutin cerita mengenai perjalanan training gw yah. Kesempatan kali ini gw mau cerita mengenai pengalaman yang bener2 baru dan tak terlupakan buat gw pribadi dan pastinya rekan2 gw yang lain juga. Selama hampir satu bulan gw mengikuti Susbintal (Kursus Pembinaan Mental) yang menjadi bagian dari keseluruhan program training yang diadakan Pertamina bagi para peserta BPS.

Cuaca Ekstrim

Berlokasi di Rindam III Siliwangi, Pengalengan, Bandung dan langsung dibawah pengawasan Kodam III Siliwangi. Buat teman2 yang gak tahu dimana itu Pengalengan, mungkin diantara kalian ada yang suka beli susu gelas KBPS Pengalengan yang abang2nya suka ngider depan rumah, nah lokasi Rindam III persis di area peternakan sapi di sana. Berjarak sekitar 2 jam dari kota Bandung dan lumayan berkelok jalannya yah maklum namanya juga daerah pegunungan…

Perjalanan itu dimulai dari Jakarta menggunakan truk tentara secara beriringan. Total ada 292 peserta. Ketika mendekati daerah Pengalengan udara dingin mulai menusuk di sekeliling badan gw, dan dgn cepat sweater langsung menempel dibadan. Cukup kontras ketika gw yang lebih sering tinggal di daerah yang panas pergi ke Pengalengan yang sangat dingin.

Akhirnya sampai juga kami di Rindam III Siliwangi. Cukup kaget sambutannya, karena truk belum berhenti kami semua sudah diteriakin sama para tentara (pelatih) untuk segera bergegas turun dan kumpul di lapangan… hahaha… mentally shot!!

Setelah itu masih melulu menyoal pembagian barak, dan perlengkapan “tempur” kami selama pendidikan. Saat pembagian gw dapet baju PDL (Pakaian Dinas Luar), Kopel rim + pelpes (tali pinggang dan botol minum)… Gw baru dgr istilah 2 makhluk ini ya saat pendidikan😛. Lanjut, pembagian baju santai dan perlengkapan mandi mulai dari handuk, ember, gayung dan alat mandi lainnya. Nah setelah selesai beresin segala perlengkapan kami pun mulai aktivitas hari itu. Dan udara di Pengalengan emang sangat dingin buat gw, walhasil karena suhu yang cukup ekstrim inilah jadi alasan gw mengurangi frekuensi mandi gw jadi 3x seminggu… hahaha (reasonable kok)

Makan Bersama

Nah ini cerita mengenai tata cara makan kami selama pendidikan susbintal di Pengalengan. Kami semua makan di ruang makan secara bersama dengan aturan makan dan aturan kebogaan yang sudah menjadi standar di kemiliteran. Sebelum memasuki ruang makan semua orang berbaris sambil memegang gelas + sendok garpu di tangan. Saat memasuki ruang makan kami diharuskan hormat dan berteriak nama almamater kami. Setelah itu duduk siap sambil menunggu aba2x dari ketua senat selaku pemimpin dalam ruang makan.

Oh ya gw lupa bilang kalo makanan yang disediakan bagi kami itu dalam bentuk omprengan dengan porsi nasi + lauk pauk yang sudah tersedia disitu. Terbayang seperti kondisi napi dalam penjara yah?? hahha… ya semacam itu tapi ya gak seekstrim itu juga sih. Keseruan bermula ketika lonceng tanda makan telah dibunyikan oleh ketua senat. Ting… dan semua langsung menyamber makanan dengan cepat, kegilaanpun dimulai karena pelatih ternyata memberikan batas waktu untuk makan dan dihitung + teriakan2 yg jadi trademark untuk menekan mental kami semua.. Banyak diantara teman2 yang gak kuat dengan porsi makan yang cukup banyak dalam omprengan, akhirnya tangan2x dari kanan kiripun mulai flashing mencomot ompreng kawannya yang masih berisi makanan…hahaha

Saat makan inipun pada awalnya gw sangat mual karena ya gw ga bisa makan banyak dan makan cepat. Awal2 gw sangat kesulitan dan bisa dibilang nyiksa juga sih, ya untungnya kawan2 gw banyak yang sigap membantai jatah ompreng gw. Tapi, disini dapet trick khusus untuk bisa menghabiskan makanan dengan cepat. Teriakan dari pelatih selalu aja menggema “dorong pake air” haha… ya jadi emang ternyata caranya gak pake acara dikunyah dulu langsung suapan masuk mulut dorong pake air, malah ada juga beberapa kawan yang nasinya malah di “kuahin” dengan air minumnya supaya gak seret dan cepet ketelan katanya. Gw sih geleng2 aja, nih pendidikan bikin orang stress dan “mengkreatifkan” dirinya dengan beragam cara ternyata.. hahaha

JAAASSSS!!!

Jaaassss!!!! Semua teman2 Susbintal pasti sangat2x familiar dengan kata ini. Udah jadi fave tagline buat semuanya :p. JAS itu adalah suatu bagian Pendidikan Jasmani Militer yang mengurusi pembentukan fisik bagi para peserta Susbintal. Ruang lingkup kegiatan JAS ini mulai dari bangun pagi kami semua mengikuti binsik (pembinaan fisik) pagi dari lari pagi, senam, push up, sit up, squat thrust dll. Para pelatih yang berciri khas seragam kaos kuning ini kadang jadi sosok yang menyeramkan bagi kami semua.  Khususnya saat siang hari saat matahari lagi nyolot2nya, tiba2 ada kaos kuning muncul dan meniup peluitnya pertanda binsik dimulai.

NGEESSS!!!

Nah ini salah satu tagline favorite lain yang jadi idola teman2 peserta semua. Ngesss!!! itu istilah untuk tidur samar di dalam kelas atau dimanapun saat ada pengarahan atau materi belajar dari pembina. Jadwal rutinitas kegiatan yang diawali dari bangun tidur jam 03.30 am dan diakhiri pukul 10.00 pm belum lagi ditambah jadwal jaga barak malam sangat mempengaruhi waktu istirahat kami semua. Nah efeknya saat materi kelaspun dimanfaatkan dengan sempurna terlelap berjama’ah.

Pada awalnya pelatih suka menegur kami untuk mencuci muka jika ngantuk, tapi lama kelamaan dikarenakan korban yang otomatis terlelap di dalam kelas makin banyak maka pelatihpun membiarkan kami tidur dalam kelas dan meledek dengan kata2x “Ngeesss!!”. Tapi tidur samar2x saat materi itu memang jauh lebih menyenangkan daripada tidur yang diniatin di kasur, gw udah sering membuktikannya juga kok.. hahaha

Masih banyak lagi cerita saat pendidikan Susbintal ini… Insha Allah nanti gw akan coba ngerangkumnya lagi lebih lengkap.

 

One Comment leave one →
  1. pipietFitriAstutie permalink
    October 19, 2011 6:01 am

    *LOL, seruuuu,…!!! wlp menurut gw “hidup dbawah tekanan adl suatu penderitaan tak termaafkan” hehehe,… tapi ga smua orang dapet pengalaman kyk lo, pak Ao… “bikin enjoy aja itu satu2nya cara terbaik” smangat…!!! sukses buat kamuh sampe titik darah penghabisan,…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: